MAWAR, MAWAR (2022) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 4 DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813021004-COVER.pdf Download (577kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813021004-ABSTRAK.pdf Download (23kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813021004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (350kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813021004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813021004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813021004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (919kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813021004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813021004-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik Kelas X MIPA 4 di SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2021/2022 Oleh Mawar, NIM 1813021004 Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus (siklus I dan siklus II). Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2021/2022 berjumlah 36 orang dengan 17 orang peserta didik laki-laki dan 19 orang peserta didik perempuan. Objek penelitian ini terdiri dari objek tindakan yaitu model Problem Based Learning dan objek amatan yakni keterampilan berpikir kreatif peserta didik serta tanggapan peserta didik. Data penelitian dikumpulkan melalui tes keterampilan berpikir kreatif dan angket tanggapan peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) nilai keterampilan kreatif peserta didik pada siklus I sebesar 65,36 (ketuntasan klasikal 75%) dan standar deviasi 10,36. Pada siklus II mengalami perbandingan dan peningkatan dengan nilai rata-rata keberhasilan sebesar 77,20 (ketuntasan klasikal 86%) dan standar deviasi 8,97. 2) respon peserta didik terhadap pembelajaran berkategori positif. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan penerapan model PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata kunci: Problem Based Learning, keterampilan berpikir kreatif, respon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Problem Based Learning, keterampilan berpikir kreatif, respon. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Mawar |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 01:45 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 01:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11907 |
Actions (login required)
View Item |