PENGEMBANGAN MODUL IPA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS DAN HUKUM NEWTON UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII

Widiantari, Ni Made (2022) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS DAN HUKUM NEWTON UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganeha.

[img] Text (COVER)
1813071011-COVER.pdf

Download (321kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813071011-ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071011-BAB 3-METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813071011-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik, menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan tingkat keterbacaan modul IPA bermuatan kearifan lokal pada pokok bahasan gerak lurus dan hukum Newton untuk siswa SMP/MTs Kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan (define, design, develop, dan disseminate), namun dibatasi sampai tahap develop karena keterbatasan biaya dan waktu penelitian. Data hasil penelitian meliputi karakteristik, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan. Data diperoleh dengan menggunakan teknik penyebaran angket kepada subjek penelitian yaitu dua orang ahli Pendidikan IPA untuk uji kevalidan, lima orang guru IPA kelas VIII di Kabupaten Gianyar untuk uji kepraktisan, dan sepuluh orang siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gianyar untuk uji keterbacaan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Karakteristik modul IPA bermuatan kearifan lokal, yaitu (1) modul dilengkapi dengan beberapa kearifan lokal Bali yaitu kearifan lokal tradisi melasti, mapeed, ngarit, mengarak ogoh-ogoh, ngastiti, makepung, dan panahan tradisional Bali; (2) dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan, seperti contoh soal, soal latihan, LKPD, informasi tambahan, dan info ilmuwan; (3) berpendekatan saintifik; dan (4) disajikan dalam bentuk hard copy dan soft copy. Tingkat kevalidan modul IPA bermuatan kearifan lokal memperoleh skor 0,97 dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan memperoleh skor rata-rata 4,06 dengan kategori praktis, sedangkan untuk uji keterbacaan memperoleh skor rata-rata 4,46 dengan kategori sangat terbaca. Berdasarkan hasil uji kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan, modul IPA bermuatan kearifan lokal pada pokok bahasan gerak lurus dan hukum Newton dinyatakan valid, praktis, dan terbaca sehingga dapat diuji ke tahap selanjutnya yaitu uji keefektifan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul IPA, Kearifan Lokal, Model 4D
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ni Made Widiantari
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:48
Last Modified: 21 Jul 2022 02:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12140

Actions (login required)

View Item View Item