Yanti, Ni Komang Milla (2022) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEMA JAJANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813071016-COVER.pdf Download (736kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813071016-ABSTRAK.pdf Download (382kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (354kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813071016-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan modul IPA terpadu berbasis Problem Based Learning dengan tema jajanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Tahap develop yang dilakukan terdiri dari tiga uji produk yaitu uji kevalidan oleh ahli, uji kepraktisan oleh guru, dan uji keterbacaan oleh siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, angket analisis kebutuhan guru, angket kevalidan, angket kepraktisan dan angket keterbacaan. Subjek penelitian melibatkan 2 orang ahli Pendidikan IPA untuk uji kevalidan, lima orang guru IPA untuk uji kepraktisan, dan 10 orang siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Gianyar untuk uji keterbacaan. Jenis data penelitian yang diperoleh yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Karakteristik modul IPA terpadu yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, keterpaduan connected, disajikan dalam bentuk cetak dan pdf. Hasil pengembangan modul diperoleh hasil uji kevalidan dengan skor sebesar 0,95 (validitas sangat tinggi). Hasil uji kepraktisan memperoleh rata-rata skor sebesar 4,48 (sangat praktis). Hasil uji keterbacaan memperoleh rata-rata sebesar 4,25 (sangat terbaca). Berdasarkan temuan hasil penelitian, modul IPA terpadu berbasis problem based learning dengan tema jajanan dapat diuji ke tahap selanjutnya yaitu uji keefektifan produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul IPA Terpadu, Problem Based Learning, Jajana |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Milla Yanti |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:32 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12146 |
Actions (login required)
View Item |