Implementasi Model Guided-Inquiry Berbantuan E-Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Negara Tahun Pelajaran 2021/2022

Suta, I Gusti Ngurah Kade Arya Wira (2022) Implementasi Model Guided-Inquiry Berbantuan E-Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Negara Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713021016-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713021016-ABSTRAK.pdf

Download (519kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (554kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713021016-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang kurang efektif pada pembelajaran fisika di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Negara mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir kritis dan aktivitas siswa. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan penerapan model pembelajaran guided inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar dalam pembelajaran fisika siswa kelas XI SMAN 2 Negara Tahun Pelajaran 2021/2022, serta mendeskripsikan tanggapan siswa terkait penerapan model pembelajaran guided inquiry. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pembelajaran dua siklus. Siswa kelas XI MIPA 2 semester ganjil berjumlah 36 siswa yang merupakan subjek penelitian. Data kemampuan berpikir kritis siswa dikumpulkan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar di setiap pertemuan. Data tanggapan siswa dikumpulkan dengan angket tanggapan siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Keberhasilan penelitian ini ditentukan oleh 1) rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori baik, 2) rata-rata skor aktivitas belajar siswa berada pada kategori positif, dan 3) tanggapan siswa minimal berada pada kategori positif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran guided inquiry mampu memberikan peningkatan dalam nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis siswa dari 73,38 dengan kategori baik (SD 8,53) di siklus I menjadi 83,33 dengan kategori sangat baik (SD 7,75) di siklus II. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa siklus I adalah 17,69 pada kategori positif dan 24 di siklus II dengan kategori sangat positif. Rata-rata tanggapan siswa berada pada kategori positif dengan skor 102. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan aktivitas belajar siswa. Siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran guided inquiry pada pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: guided inquiry, berpikir kritis, fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: I Gusti Ngurah Kade Arya Wira Suta
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:54
Last Modified: 22 Jul 2022 01:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12360

Actions (login required)

View Item View Item