Karyawati, Kadek Nita (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2023071014-COVER.pdf Download (501kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2023071014-ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023071014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (362kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023071014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023071014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023071014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2023071014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023071014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (507kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2023071014-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa SMA yang difokuskan pada perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional, perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah, interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 3 Denpasar. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Data dalam penelitian ini berupa data hasil belajar dan kecerdasan emosional yang dianalisis menggunakan analisis ANAKOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah, terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar. Hasil penelitian ini memberikan implikasi kepada guru dan sekolah untuk mengidentifikasi level kecerdasan emosional siswa. Selanjutnya siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dijadikan satu kelas dan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah dijadikan satu kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: PBL, kecerdasan emosional, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Kadek Nita Karyawati |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 09:11 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 09:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12368 |
Actions (login required)
View Item |