Rohmatullah, Alif Putri Khoirul (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis E-Learning terhadap Indeks Prestasi Semester (IPS) Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011018-COVER.pdf Download (335kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011018-ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
18130111018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011018-LAMPIRAN.pdf Download (845kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kontribusi penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning terhadap hasil belajar mahasiswa berupa IPS akademik pada mahasiswa jurusan matematika FMIPA Undiksha. Hasil belajar berupa IPS dilihat dari rerata nilai mata kuliah Aljabar Abstrak, Pembelajaran Mikro Teaching, Metode Penelitian Pendidikan, Media TIK, Statistik Non Parametrik, dan Anareg. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Matematika FMIPA Undiksha angkatan 2018-2019 dengan jumlah sebanyak 76 orang mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Undiksha angkatan 2018-2019 dengan jumlah sebanyak 64 orang mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi dari media pembelajaran berbasis e-learning terhadap hasil belajar berupa IPS akademik mahasiswa yang ditunjukkan dengan koefisien R square sebesar 0.85. Besarnya kontribusi yang berpengaruh terhadap variabel X dengan variabel Y dapat dilihat nilai thitung sebesar 7,805 > ttabel sebesar 3,996. Sehingga terdapat hubungan kasual yakni adanya hubungan antara penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning terhadap IPS akademik mahasiswa. Dari analisis di atas penggunaan e-learning memiliki pengaruh positif terhadap IPS akademik mahasiswa, semakin tinggi skor penggunaan e-learning maka semakin tinggi pula IPS akademik mahasiswa jurusan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-Learning, IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, E-Learning, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Alif Putri Khoirul Rohmatullah |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 03:39 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 03:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12401 |
Actions (login required)
View Item |