Setiawan, Gusti Ngurah Ketut Wira (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI BERORIENTASI ICT TPACK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
181601111-COVER.pdf Download (785kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1816011113-ABSTRAK.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011113-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (67kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011113-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011113-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011113-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011113-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011113-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (342kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1816011113-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran PJOK penggunaan media audio visual berorientasi ICT TPACK merupakan hal yang penting. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan video tugas gerak sikap lilin dan lompat harimau untuk peserta didik kelas IX SMP. Penelitian yang dirancang ini termasuk pada penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Namun, artikel ini berfokus pada tahap analisis dan perancangan. Populasi penelitian yaitu 8 SMP Negri di Kecamatan Buleleng dengan sampel kelas IX. Instrumen penelitian berupa google form dan lembar validitas. Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif-kualitatif. Hasil penelitian didapat 93.2% (511 orang) peserta didik membutuhkan video tugas gerak pembelajaran PJOK pada materi sikap lilin dan lompat harimau. Skor ahli isi 68 dari skor maksimal 75, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa : 1) video tugas gerak pembelajaran PJOK pada materi guling depan dan belakang sangat dibutuhkan oleh peserta didik SMP kelas IX, dan 2) sikap lilin dan lompat harimau dinyatakan valid oleh pakar isi PJOK. Kepada guru PJOK SMP Negeri di Kecamatan Buleleng dapat mengimplementasikan tugas gerak sikap lilin dan lompat harimau yang dirancang melalui penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ICT TPACK, video audio visual, sikap lilin, lompat harimau |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Gusti Ngurah Ketut Wira Setiawan |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 01:29 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 01:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12417 |
Actions (login required)
View Item |