Pengembangan Media Literasi Bigbook Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Motivasi Membaca Peserta Didik Kelas 3 di KKMI Denpasar

Ulhusna, Asma (2022) Pengembangan Media Literasi Bigbook Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Motivasi Membaca Peserta Didik Kelas 3 di KKMI Denpasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029042017-COVER.pdf

Download (522kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029042017-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2029042017-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (351kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2029042017-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2029042017-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029042017-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2029042017-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029042017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029042017-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk media literasi bigbook dan mengukur keefektifan penggunaannya dalam meningkatkan motivasi membaca peserta didik kelas 3. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas 3 di KKMI Denpasar. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, yang mengambil sampel guru dan peserta didik kelas 3 di MI Al-Muhajirin Denpasar. Desain yang digunakan dalam eksperimen menggunakan one shot chase study. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner validasi produk yang diisi oleh 5 orang dosen sebagai ahli untuk memvalidasi konten/isi dan 5 orang guru sebagai praktisi untuk memvalidasi empiric produk. kuesioner kelayakan diisi 10 orang guru untuk mevalidasi kelayakan produk, dan kuesioner motivasi membaca diisi 52 orang peserta didik untuk mengukur keefektifan produk dalam meningkatkan motivasi membaca peserta didik. Data dianalaisis menggunakan analisis t-Brunning (1979). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 3,130 dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,675 dan nilai signifikansi sebesar 0,003 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 dengan effect size sebesar 0,434. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa produk media literasi bigbook berbasis kearifan lokal efektif untuk meningkatkan motivasi membaca peserta didik dengan efek dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Literasi, Bigbook, Kearifan Lokal, Motivasi Membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Asma Ulhusna
Date Deposited: 21 Jul 2022 21:59
Last Modified: 21 Jul 2022 21:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12492

Actions (login required)

View Item View Item