Dewi, Ni Luh Gede Nadia (2000) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS KUMOSPACE MUATAN MATERI IPS KELAS VI TEMA 2 SUBTEMA 2 SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SEMPIDI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031053-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031053-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1811031053-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1811031053-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1811031053-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031053-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1811031053-BAB V PENUTUPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031053-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031053-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi karena kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran khususnya pada muatan IPS. Selama proses pembelajaran guru hanya memberikan materi sehingga siswa kurang memahami materi yang diberikan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun pembelajaran dan mengetahui kelayakan pembelajaran flipbook berbasis kumospace. Metode pengumpulan data dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Pembelajaran flipbook berbasis kumospace materi proklamasi kemerdekaan Indonesia pada muatan IPS siswa kelas VI dinyatakan layak berdasarkan hasil uji coba produk dengan subjek uji coba yaitu ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas VI sekolah dasar. Hasil penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor sebesar 97,5% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh skor sebesar 91,7% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penilaian siswa melalui uji coba perorangan memperoleh skor sebesar 98,48% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penilaian siswa melalui uji coba kelompok kecil memperoleh skor sebesar 97,97% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba produk oleh para ahli dan siswa kelas VI, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis kumospace muatan materi IPS siswa kelas VI ini layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, Kumospace, Flipbook, IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Kumospace, Flipbook, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Gede Nadia Pradnya Dewi |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 08:37 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 08:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12587 |
Actions (login required)
View Item |