PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI HOTS PADA SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI 4 SANUR

Laksmita Nugraha, Yulia (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI HOTS PADA SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI 4 SANUR. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1929041050-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041050-ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041050-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (994kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041050-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD berbasis HOTS dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu analyze, design, development, implementation and evaluation. Subjek penelitian ini adalah 2 ahli, 3 orang guru dan 30 orang siswa kelas V. Data yang dikumpulkan, dianalis dengan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Validitas RPP dan LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan secara umum terkategori sangat valid dengan skor RPP rata-rata 3,89 dan skor LKPD rata-rata 3,9. 2) Kepraktisan RPP berbasis HOTS yang dikembangkan terkategori sangat praktis bagi guru dengan nilai rata-rata 3,87 dan bagi siswa terkategori sangat praktis dengan nilai rata-rata 3,64, LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan terkategori sangat praktis bagi guru dengan nilai rata-rata 3,81 dan bagi siswa terkategori sangat praktis dengan nilai rata-rata 3,79. 3) Efektivitas LKPD berbasis HOTS diperoleh signifikansi (a) = 0,05. Ditunjukan ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum perlakuan dengan rata-rata nilai sesudah perlakuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, HOTS, pendekatan saintifik, IPA
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: PUTU YULIA LAKSMITA NUGRAHA
Date Deposited: 22 Jul 2022 08:08
Last Modified: 22 Jul 2022 08:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12600

Actions (login required)

View Item View Item