Zulfiana, Siti (2022) Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029041001-COVER.pdf.pdf Download (706kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029041001-ABSTRAK.pdf.pdf Download (334kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029041001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (363kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029041001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
202041001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029041001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029041001-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029041001-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (479kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029041001-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen kemampuan berpikir tingkat tinggi dan literasi sains pada pembelajaran IPA kelas V SD dengan melihat validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran butir serta keefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pilihan ganda untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi dan uraian untuk literasi sains. Teknik analisis data dengan menentukan validitas, reliablitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas isi berkategori tinggi, validitas butir instrumen kemampuan berpikir tingkat tinggi 20 butir valid dan 5 butir tidak valid. Sedangkan instrumen literasi sains semua valid, koefisien reliabilitas instrumen kemampuan berpikir tingkat tinggi 0,937 dan literasi sains 0,940 dengan kategori sangat tinggi, daya beda butir berkategori cukup baik sampai sangat baik untuk kedua instrumen, tingkat kesukaran untuk kedua instrumen hanya 1 butir dengan kategori mudah, selain itu sedang dan sukar. Instrumen kemampuan berpikir tingkat tinggi efektif dan literasi sains kurang efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Tinggi, Literasi Sains. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Siti Zulfiana |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 23:53 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 23:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12711 |
Actions (login required)
View Item |