Pengembangan Video Keterampilan Bertanya Materi Sistem Respirasi Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Media Pembelajaran Mikro Prodi Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Ganesha

Adnyaningsih, Ni Kadek Putri (2022) Pengembangan Video Keterampilan Bertanya Materi Sistem Respirasi Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Media Pembelajaran Mikro Prodi Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Ganesha. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813041018-COVER.pdf

Download (881kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813041018-ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041018-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (427kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1813041018-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041018-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041018-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041018-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041018-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813041018-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini utamanya bertujuan untuk menghasilkan video dengan tujuan khusus yaitu untuk mengetahui (1) skenario video keterampilan bertanya berbasis pendekatan saintifik, (2) validitas media video keterampilan bertanya berbasis pendekatan saintifik sebagai media pembelajaran mikro Prodi Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Ganesha dan (3) kepraktisan media video keterampilan bertanya berbasis pendekatan saintifik sebagai media pembelajaran mikro Prodi Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Ganesha. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (R & D) yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang dibatasi sampai tahap analisis, pengembangan prduk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba perorangan dan revisi, serta uji coba skala kecil dan produk akhir. Uji validitas dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji kepraktisan dilakukan dengan uji coba perorangan yang melibatkan 3 orang mahasiswa semester VI dan uji coba skala kecil yang melibatkan 12 orang mahasiswa semester VI. Lokasi uji coba bertempat di Prodi Pendidikan Biologi. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengetahui validitas dan kepraktisan media video. Hasil penelitian menunjukkan, (1) hasil dari setiap tahapan pengembangan menghasilkan sebuah produk berupa media video keterampilan bertanya berbasis pendekatan saintifik, (2) validitas video sebesar 93,7% dengan kriteria sangat valid, dan (3) kepraktisan video sebesar 90,6% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, media video yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran mikro Prodi Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Ganesha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran mikro, keterampilan bertanya, pendekatan saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Ni Kadek Putri Adnyaningsih
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:05
Last Modified: 27 Jul 2022 06:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12725

Actions (login required)

View Item View Item