Mardhatillah, Nadia (2022) PENGEMBANGAN KOMIK VIDEO DIGITAL (KOVID) BERNUANSA BALI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA TOPIK GAYA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031303-COVER.pdf Download (507kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031303-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031303-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (137kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031303-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031303-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031303-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031303-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031303-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031303-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk menghasilkan produk media kovid bernuansa Bali yang valid dan untuk teruji efektivitasnya dalam meningkatkan minat belajar siswa. Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Subjek pengembangan penelitian yaitu media kovid sedangkan objek pengembangan, validitas dan efektivitas. Subjek uji efektivitas penelitian yaitu siswa sedangkan objeknya minat belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi untuk uji efektivitas, rating scale untuk uji validitas media. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu hasil validitas ahli media 0,6 dan respons praktisi (guru) yaitu 99,3% seluruhnya dikualifikasikan sangat baik. Sedangkan uji efektivitas Komik Video Digital Bernuansa Bali mendapatkan rata-rata nilai setelah diberikan perlakuan sebesar 90,3 dan mendapatkan nilai signifikansi 2 arah (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,005 jadi, H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa kelas IV SD setelah belajar menggunakan Komik Video Digital Bernuansa Bali. Berdasarkan rata-rata validitas, respons pengguna (guru) dan efektivitas, Komik Video Digital sudah layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik Video Digital (Kovid), Bernuansa Bali, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Nadia Mardhatillah |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 02:51 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 02:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12747 |
Actions (login required)
View Item |