PRATIWI, I GUSTI AGUNG RATIH (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PELAJARAN IPA TERINTEGRASI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029042027-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029042027-ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029042027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (129kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029042027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029042027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029042027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029042027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029042027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029042027-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas pada instrumen penilaian kecerdasan interpersonal dan keterampilan sosial siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development. Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada prosedur pengembangan instrumen yang dikemukakan oleh Djemari Mardapi (2008). Penelitian pengembangan ini menghasilkan suatu alat penilaian berupa instrumen penilaian kecerdasan interpersonal dan keterampilan sosial. Validitas pada penelitian ini diukur menggunakan uji validitas ekspert dan uji validitas empirik. Pada uji validitas ekspert, instrumen divalidasi ahli oleh 2 orang dosen dan divalidasi juga oleh 3 orang praktisi yang berprofesi sebagai guru Sekolah Dasar. Validasi dari validator dianalisis mempergunakann analisis Content Validity Ratio (CVR). Tahapan selanjutnya yaitu mencari validitas empirik menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Sedangkan reliabilitas pada penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach. Instrumen penilaian kecerdasan interpersonal dan keterampilan sosial di uji cobakan kepada 60 siswa kelas V SD Negeri 4 Sumerta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Instrumen penilaian kecerdasan interpersonal dan keterampilan sosial memenuhi syarat validitas ekspert dengan nilai CVR 1.00 dengan kategori sangat valid; 2) Instrumen penilaian kecerdasan interpersonal dan keterampilan sosial memenuhi syarat validitas empirik dengan nilai rhitung > rtabel sehingga semua butir pernyataannya valid; 3) Instrumen penilaian kecerdasan interpersonal dan keterampilan sosial memenuhi syarat reliabilitas dengan kategori sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kecerdasan interpersonal dan keterampilan sosial layak digunakan pada pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen Penilaian, Kecerdasan Interpersonal, Keterampilan Sosial, Validitas, Reliabilitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Gusti Agung Ratih Pratiwi |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 03:20 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 03:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12841 |
Actions (login required)
View Item |