Dewi, Ni Luh Novita Lestari (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS TRI HITA KARANA BERBANTUAN APLIKASI LECTORA INSPIRE TERHADAP LITERASI BUDAYA SISWA PADA MAPEL IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031134-COVER.pdf Download (305kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031134-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031134-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (153kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031134-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031134-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031134-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031134-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031134-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031134-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media powerpoint interaktif berbasis Tri Hita Karana berbantuan aplikasi Lectora Inspire terhadap literasi budaya siswa kelas IV sekolah dasar, (2) menghasilkan media powerpoint interaktif berbasis Tri Hita Karana berbantuan aplikasi Lectora Inspire yang telah teruji validitas isinya, (3) menghasilkan media powerpoint interaktif berbasis Tri Hita Karana berbantuan aplikasi Lectora Inspire yang telah teruji respon guru dan siswanya, dan (4), menghasilkan media powerpoint interaktif berbasis Tri Hita Karana berbantuan aplikasi Lectora Inspire yang telah teruji efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, rating scale, dan angket. Hasil penelitian pegembangan ini berupa (1) Media powerpoint berbasis Tri Hita Karana berbantuan aplikasi Lectora Inspire yang dapat meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa siswa kelas IV Sekolah Dasar, (2) Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif yang dikembangkan memperoleh indeks validitas Aiken pada rentangan 0,75 - 1,00 dengan kualifikasi validitas tinggi, 3) memperoleh respon dari praktisi/guru sebesar 98% dengan kualifikasi sangat baik dan memperoleh respon dari siswa sebesar 99% dengan kualifikasi sangat baik, 4) hasil analisis efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Tri Hita Karana Berbantuan Aplikasi Lectora Inspire memperoleh hasil 0,000 < 0,05, artinya produk signifikan terhadap literasi budaya siswa kelas IV SD Negeri 5 Tulamben setelah belajar menggunakan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Tri Hita Karana Berbantuan Aplikasi Lectora Inspire.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, powerpoint interaktif, lectora inspire, literasi budaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Novita Lestari Dewi |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 06:20 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 06:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12947 |
Actions (login required)
View Item |