Hernawati, Ni Komang (2022) PENGEMBANGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MENDONGENG BERBANTUAN MEDIA WAYANG KERTAS BERBASIS NILAI-NILAI TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS II SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031095-COVER.pdf Download (307kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031095-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031095-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (151kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031095-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031095-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031095-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031095-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031095-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031095-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran mendongeng berbantuan media wayang kertas berbasis nilai-nilai tri hita karana untuk meningkatkan literasi budaya dan kemampuan metakognitif siswa kelas II SD. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4-D yang terdiri dari beberapa tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah aktivitas pembelajaran mendongeng berbantuan media wayang kertas untuk meningkatkan literasi budaya dan kemampuan metakognitif. Objek dalam penelitian ini yaitu validasi aktivitas pembelajaran mendongeng berbantuan media wayang kertas yang telah dikembangkan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 37 orang siswa dari kelas eksperimen dan kontrol. Validasi isi aktivitas pembelajaran diperoleh melalui instrumen kuesioner. Hasil data validasi isi aktivitas pembelajaran yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validasi isi aktivitas pembelajaran sebesar = 4,81 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran mendongeng berbantuan media pembelajaran wayang kertas dinyatakan valid dan layak diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas II SD. Data penelitian berupa kemampuan metakognitif serta literasi budaya diperoleh melalui tes uraian dan kuesioner. Data kemampuan metakognitif dan literasi budaya yang dikumpulkan dianalisis dengan uji Manova. Berdasarkan hasil pengujian ketiga hipotesis diperoleh angka signifikansi kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan metakognitif dan literasi budaya secara parsial maupun simultan antara kelompok siswa yang menerapkan aktivitas pembelajaran mendongeng berbantuan media pembelajaran wayang kertas dengan kelompok siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas pembelajaran mendongeng, wayang kertas, kemampuan metakognitif, literasi budaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Hernawati |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 06:23 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 06:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12949 |
Actions (login required)
View Item |