Putri, Ni Putu Ikka (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF BERBANTUAN MEDIA FUN THINKERS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS I TEMA KELUARGAKU DI GUGUS IX KECAMATAN GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031155-COVER.pdf Download (261kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031155-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031155-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031155-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031155-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031155-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031155-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031155-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031155-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif berbantuan media Fun Thinkers terhadap hasil belajar siswa kelas I tema keluargaku. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment, dengan rancangan yang digunakan Non-Equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD di Gugus 9 Kecamatan Gianyar, Tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 6 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 91 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Random Sampling yang dirandom adalah kelas sebagai intact group dengan komposisi sampel SD Negeri 3 Petak Kaja yang berjumlah 19 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 2 Petak yang berjumlah 18 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar tematik adalah metode tes dengan menggunakan tes essay/uraian yang berjumlah 10 butir soal. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung= 12,43 dan ttabel=1,69. Kriteria pengujian menunjukan thitung (12,43) > ttabel (1,69) maka H1 diterima H0 ditolak. Temuan dalam penelitian ini mengungkapkan bahhwa terdapat pengaruh yang signifikan model Pembelajaran Aktif berbantuan media Fun Thinkers terhadap hasil belajar tematik siswa kelas I SD Di Gugus 9 Kecamatan Gianyar, Tahun Pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran aktif, media fun thinkers, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ikka Putri |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:07 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 01:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12995 |
Actions (login required)
View Item |