PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA GUIDED DISCOVERY BERBASIS FENOMENA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Dewi, Ni Putu Sintya (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA GUIDED DISCOVERY BERBASIS FENOMENA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1823071015-COVER)
1823071015-Cover.pdf

Download (479kB)
[img] Text (1823071015-ABSTRAK)
1823071015-Abstrak.pdf

Download (351kB)
[img] Text (1823071015-BAB 1 PENDAHULUAN)
1823071015-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (367kB)
[img] Text (1823071015-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823071015-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (1823071015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1823071015-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (1823071015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823071015-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (1823071015-BAB 5 PENUTUP)
1823071015-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (1823071015-DAFTAR PUSTAKA)
1823071015-Daftar Pustaka.pdf

Download (345kB)
[img] Text (1823071015-LAMPIRAN)
1823071015-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Guided Discovery berbasis fenomena untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP. Pengembangan ini didasari hasil studi pendahuluan yang menunjukkan LKS yang digunakan di sekolah masih berpatokan pada buku – buku yang menjadi pegangan siswa tanpa adanya upaya mengaitkan dengan fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Aspek-aspek yang dianalisis pada pengembangan LKS terdiri atas; karakteristik LKS, validitas, keparktisan, dan efektivitas. Karakteristik roduk diuji menggunakan metode analisis konten. Uji validitas melibatkan 3 orang ahli dan 3 orang guru praktisi sebagai validator. Validitas yang dinilai dalam LKS mencakup aspek validitas isi, media, dan bahasa. Masing-masing aspek validitas diuji oleh 1 orang ahli dan 1 orang guru praktisi sebagai validator. Uji kepraktisan dilakukan melalui angket respon guru praktisi dan angket respon siswa yang disusun menggunakan skala Likert jenjang 1-4. Sejumlah 3 orang guru dan 32 orang siswa dilibatkan sebagai responden. Uji efektivitas dilakukan melalui tes hasil belajar dengan desain one-group-prestest-posttest. Hasil penelitian menujukkan: (1) Karakteristik LKS Guided Discovery berbasis fenomena adalah memuat langkah kerja yang menuntun siswa menemuan konsep pembelajaran, melibatkan siswa untuk belajar secara aktif untuk menenemukan konsep pembelajaran, serta mengacu pada fenomena alam yang terjadi di sekitar sisw, (2) LKS yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid hal ini ditiunjukkan oleh skor valititas 0,93, (3) uji kepraktisan melalui perolehan persentase skor hasil angket respon guru sebesar 88% dan persentase skor hasil anget respons siswa sebesar 95,55% dengan kategori sangat praktis, (4) serta uji efektifitas melalui tes hasil belajar dengan perolahan rata-rata ¬N-Gain sebesar 0,55 dan berada pada kategori efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: LKS, Pembelajaran Guided Discovery, Fenomena, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Ni Putu Sintya Dewi
Date Deposited: 15 Oct 2022 05:02
Last Modified: 15 Oct 2022 05:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13098

Actions (login required)

View Item View Item