Wiartini, Ni Kadek Lina (2022) PENGARUH ASESMEN OTENTIK TERHADAP HASIL BELAJAR TATA RIAS WAJAH CIKATRI DENGAN PENGENDALIAN BAKAT ABSTRAKSI DI SMK NEGERI 3 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929021002-COVER.pdf Download (341kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929021002-ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB 1- PENDAHULUAN)
1929021002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (327kB) |
|
Text (BAB 2 - KAJIAN TEORI)
1929021002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 - METODELOGI PENELITIAN)
1929021002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 - HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929021002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 - PENUTUP)
1929021002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929021002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929021002-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh asesmen otentik terhadap hasil belajar tata rias wajah cikatri sebelum dan sesudah pengendalian pengaruh bakat abstraksi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Denpasar yang terdiri dari dua rombongan belajar. Data dianalisis menggunakan analisis kovarian satu jalur. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar tata rias wajah cikatri antara siswa yang mengikuti pelajaran menggunakan asesmen otentik dengan asesmen konvensional dengan FHitung = 9,128 dan signifikansi (p) = 0,004 (p < 0,05), (2) terdapat perbedaan hasil belajar tata rias wajah cikatri antara siswa yang mengikuti pelajaran menggunakan asesmen otentik dengan asesmen konvensional, setelah diadakan pengendalian pengaruh variabel bakat abstraksi siswa dengan Fhitung = 14,560 dan signifikansi (p) = 0,000 (p < 0,05); dan (3) terdapat kontribusil yang positif dan signifikan antara bakat abstraksi siswa dengan hasil belajar tata rias wajah cikatri siswa Kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Denpasar dengan kontribusil sebesar 28,40 %. Berdasarkan temuan-temuan disimpulkan bahwa asesmen otentik berpengaruh terhadap hasil belajar tata kecantikan baik sebelum maupun sesudah variabel bakat abstraksi siswa dikendalikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen Otentik, asesmen konvensional, Bakat Abstraksi, Hasil Belajar Tata Rias Wajah Cikatri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | NI KADEK LINA WIARTINI |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 07:26 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 07:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13161 |
Actions (login required)
View Item |