Barus, Lisda Anisa Br (2022) PEMANFAATAN YOUTUBE WISATA CHANNEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA TENTANG OBJEK WISATA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812011042-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812011042-ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (118kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1812011042-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812011042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011042-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011042-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812011042-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan (1) mendeskripsikan pelaksanan menulis karangan deskripsi dengan memanfaatkan YouTube Wisata Channel yang berjudul tentang objek wisata, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa, pemanfaatan YouTube Wisata Channel dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-3 SMP Swasta Masehi Berastagi dalam menulis karangan deskripsi karena pemanfaatan YouTube Wisata Channel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan dekskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan pembelajaran terdiri dari 17 langkah yang digunakan dalam pemanfaatan YouTube Wisata Channel untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi, dan (2) pengunaan media YouTube Wisata Channel dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Nilai rata-rata keterampilan menulis karangan deskripsi pada kondisi awal sebesar 60,5 pada siklus I meningkat menjadi 64,92 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 84,68. Persentase siswa yang mencapai KKM dalam menulis karangan deskripsi pada kondisi awal sebesar 19,51%, siklus I 36,59% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,80%. Diharapkan kepada guru Bahasa Indonesia di SMP Swasta Masehi Berastagi agar menerapkan pembelajaran ini sesuai langkah yang ditemukan dalam penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media youtube, karangan deskripsi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Lisda Anisa Br Barus |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 05:28 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 05:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13252 |
Actions (login required)
View Item |