PEMANFAATAN APLIKASI BACA NOVEL GRATIS “CABACA” DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 GEROKGAK

Pandetri, NS (2022) PEMANFAATAN APLIKASI BACA NOVEL GRATIS “CABACA” DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 GEROKGAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812011002-COVER.pdf

Download (509kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812011002-ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1812011002-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812011002-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi baca novel gratis “Cabaca” dalam pembelajaran menulis teks ulasan pada peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 3 Gerokgak, (2) mendeskripsikan hasil menulis teks ulasan siswa dalam pembelajaran menggunakan aplikasi baca novel gratis “Cabaca”, dan (3) mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran teks ulasan menggunakan aplikasi baca novel gratis “Cabaca” pada peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 3 Gerokgak. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIA di SMP Negeri 3 Gerokgak dan seorang guru pengajar Bahasa Indonesia kelas VIII, sedangkan objek penelitian ini adalah pemanfaatan aplikasi Cabaca pada pembelajaran teks ulasan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi serta dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi Cabaca dilaksanakan oleh guru sesuai RPP yang telah dibuat oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, (2) hasil menulis siswa baik dibuktikan dengan nilai siswa di atas nilai KKM dengan rata-rata 83, dan (3) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran teks ulasan menggunakan aplikasi Cabaca disebabkan oleh faktor internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Aplikasi Cabaca, Teks Ulasan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Nyoman Sita Pandetri
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:03
Last Modified: 19 Oct 2022 04:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13273

Actions (login required)

View Item View Item