Hasanah, Uswatun (2022) Penerapan Problem Based Learning Model dalam Pembelajaran Geografi untuk Mengembangkan Keterampilan Belajar Abad 21 pada Siswa di SMA Negeri 1 Taliwang. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1814031008-COVER.pdf Download (793kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1814031008-ABSTRAK.pdf Download (280kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814031008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (245kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1814031008-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1814031008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (894kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN)
1814031008-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (810kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1814031008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814031008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1814031008-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Communication (komunikasi), Collaboration (kolaborasi), Critical Thinking (berpikir kritis), dan Creativity (kreatif) merupakan keterampilan yang dikembangkan dalam pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan: (1) menganalisis penerapan Problem Based Learning Model dalam pembelajaran geografi untuk mengembangkan keterampilan belajar abad 21, (2) menganalisis keterampilan belajar abad 21 pada siswa, sebelum diimplementasikan Problem Based Learning Model dalam pembelajaran geografi, (3) menganalisis keterampilan belajar abad 21 pada siswa, sesudah diimplementasikan Problem Based Learning Model dalam pembelajaran geografi, dan (4) menganalisis perbedaan keterampilan belajar abad 21 siswa antara sebelum dan sesudah diterapkannya Problem Based Learning Model dalam pembelajaran geografi. Berkenaan dengan itu, penelitian ini dirancang sebagai Quasi Experiment (Eksperimen Semu) dengan Non-Equivalent Control Group Design menggunakan kelas eksperimen dari kelas kontrol sebagai sample yang ditentukan menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket, lembar observasi, dan lembar pencatatan dokumen yang selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan inferensial dengan Independent student t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Problem Based Learning Model untuk mengembangkan keterampilan belajar abad 21 dalam pembelajaran geografi yang diimplementasikan guru berkategori ‘sangat baik’(rata-rata 97), (2) nilai rata-rata keterampilan belajar abad 21 pada siswa, sebelum diimplementasikan Problem Based Learning Model dalam pembelajaran geografi hanya 63,23 dan menjadi 83,87 sesudah diimplementasikan Problem Based Learning Model dalam pembelajaran geografi, dan (3) terdapat perbedaan keterampilan belajar abad 21 siswa secara signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya Problem Based Learning Model dalam pembelajaran geografi (0,00 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Belajar Abad-21, Pembelajaran Geografi, Problem Based Learning Model |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Uswatun Hasanah |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 01:36 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 01:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13274 |
Actions (login required)
View Item |