KAJIAN STRUKTURALISME DAN NILAI EDUKATIF DALAM CERITA RAKYAT SUKU KARO BERU DAYANG JILE-JILE DI YOUTUBE

Tarigan, Yuni Sari (2022) KAJIAN STRUKTURALISME DAN NILAI EDUKATIF DALAM CERITA RAKYAT SUKU KARO BERU DAYANG JILE-JILE DI YOUTUBE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812013001-COVER.pdf

Download (596kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812013001-ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812013001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1812013001-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812013001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812013001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812013001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812013001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812013001-LAMPIRAN.pdf

Download (468kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur cerita rakyat suku Karo “Beru Dayang Jile-Jile”, (2) mendeskripsikan nilai edukatif yang terkandung di dalam cerita rakyat suku Karo “Beru Dayang Jile-Jile”, (3) mendeskripsikan relevansi “Beru Dayang Jile-Jile” terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP dan X SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumulan data dalam penelitian ini yaitu metode simak, catat, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Cerita rakyat Suku Karo “Beru Daya Jile-Jile” mengandung isi berupa unsur intrinsik yang terdiri dari tema, tokoh, karakter, alur, latar, serta amanat, (2) cerita rakyat Suku Karo “Beru Daya Jile-Jile” mengandung nilai-nilai cerita rakyat berupa pendidikan moral pendidikan adat dan pendidikan agama. (3) relevansi cerita Beru Dayang Jile-Jile dengan pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMP/SMA karena memiliki kesesuaian dalam pembelajaran cerita rakyat di kelas VII SMP yang mengacu pada kompetensi dasar 4.11 yang berbunyi “Menceritakan kembali isi fabel/legenda daerah setempat” serta pada kelas X SMA, khususnya mengacu pada kompetensi dasar 3.7, yaitu “Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hilayat) baik secara lisan dan tulis”. Pendidikan bahasa Indonesia perlu berwawasan multikultural.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cerita rakyat, YouTube, kelas VII SMP dan X SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Yuni Sari Tarigan
Date Deposited: 19 Oct 2022 20:20
Last Modified: 19 Oct 2022 20:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13295

Actions (login required)

View Item View Item