Tarigan, Yuni Sari (2022) KAJIAN STRUKTURALISME DAN NILAI EDUKATIF DALAM CERITA RAKYAT SUKU KARO BERU DAYANG JILE-JILE DI YOUTUBE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812013001-COVER.pdf Download (596kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812013001-ABSTRAK.pdf Download (176kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812013001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (202kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1812013001-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812013001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812013001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812013001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812013001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812013001-LAMPIRAN.pdf Download (468kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur cerita rakyat suku Karo “Beru Dayang Jile-Jile”, (2) mendeskripsikan nilai edukatif yang terkandung di dalam cerita rakyat suku Karo “Beru Dayang Jile-Jile”, (3) mendeskripsikan relevansi “Beru Dayang Jile-Jile” terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP dan X SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumulan data dalam penelitian ini yaitu metode simak, catat, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Cerita rakyat Suku Karo “Beru Daya Jile-Jile” mengandung isi berupa unsur intrinsik yang terdiri dari tema, tokoh, karakter, alur, latar, serta amanat, (2) cerita rakyat Suku Karo “Beru Daya Jile-Jile” mengandung nilai-nilai cerita rakyat berupa pendidikan moral pendidikan adat dan pendidikan agama. (3) relevansi cerita Beru Dayang Jile-Jile dengan pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMP/SMA karena memiliki kesesuaian dalam pembelajaran cerita rakyat di kelas VII SMP yang mengacu pada kompetensi dasar 4.11 yang berbunyi “Menceritakan kembali isi fabel/legenda daerah setempat” serta pada kelas X SMA, khususnya mengacu pada kompetensi dasar 3.7, yaitu “Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hilayat) baik secara lisan dan tulis”. Pendidikan bahasa Indonesia perlu berwawasan multikultural.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cerita rakyat, YouTube, kelas VII SMP dan X SMA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Yuni Sari Tarigan |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 20:20 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 20:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13295 |
Actions (login required)
View Item |