Wiratama, I Gede Eka Kurnia (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS DARING UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA N 1 BANGLI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1716011066-COVER.pdf Download (798kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1716011066-ABSTRAK.pdf Download (258kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1716011066-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (391kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1716011066-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1716011066-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1716011066-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (751kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1716011066-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1716011066-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (480kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1716011066-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran PJOK berbasis daring untuk peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Bangli tahun pelajaran 2021/2022. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X dengan jumlah keseluruhan 281 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan tarap kesalahan 5% sehingga jumlah sampel sebanyak 155 orang peserta didik kelas X, serta 1 orang Guru PJOK kelas X di SMA Negeri 1 Bangli. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara, angket kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data, yaitu (data reduction) reduksi data, (data display) penyajian data, dan (conclusion drawing/verification) penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data ditentukan dengan menggunakan credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran PJOK berbasis daring dinyatakan kurang efektif, disebabkan beberapa alasan yaitu: (1) pembelajaran daring mempersulit proses pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik, (2) pembelajaran tatap muka lebih menyenangkan, (3) adanya kendala pada jaringan internet, kuota, dan kadang aplikasi susah untuk diakses. (4) tujuan pembelajaran yang kurang tercapai. Hal ini membuat minat belajar peseta didik menjadi menurun yang mengakibatkan hasil belajar menjadi menurun. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran PJOK secara daring kurang Efektif terlaksana dalam pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Bangli. Disarankan kepada guru PJOK untuk senantiasa meningkatkan inovasi serta metode agar proses pembelajaran menjadi lebih baik, serta pihak sekolah dapat memfasilitasi kendala yang dirasakan oleh peserta didik agar sistem pembelajaran menjadi lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas pembelajaran, pembelajaran PJOK, daring |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Gede Eka Kurnia Wiratama |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 02:59 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 02:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13354 |
Actions (login required)
View Item |