Anisa, Anisa (2022) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811061049-COVER.pdf Download (437kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811061049-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811061049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (492kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (891kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061049-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061049-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (577kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811061049-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Denpasar. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan studi kasus. Responden dalam penelitian ini berjumlah 9 orang yang terdiri dari 3 kepala sekolah, 3 guru kelompok a, dan 3 guru kelompok b. Data dikumpulkan melalui hasil dari wawancara dan dokumentasi. Analisis data dideskripsikan secara narasi menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Aisyiyah Bustanul Athfal Denpasar menerapkan pengelolaan pembelajaran jarak jauh yakni pembelajaran daring dan pembelajaran luring selama masa pandemi Covid-19. Perencanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM) dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) dengan menggunakan kurikulum 2013 yang telah disesuaikan dengan pembelajaran jarak jauh. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran jarak jauh yakni menggabungkan pembelajaran daring (video call dan virtual learning) dan luring (home care dan pertemuan tatap muka). Pelaksanaan evaluasi pembelajaran selama masa pandemi menggunakan penilaian berdasar pada observasi, daftar cek lis, percakapan, penugasan, portofolio, dan hasil karya. Proses tindak lanjut berdasarkan pada hasil penilaian yang dilakukan dengan memberikan pengulangan materi dan komunikasi dengan orang tua terkait perkembangan dan kemampuan anak. Berdasarkan hasil temuan dapat dinyatakan bahwa TK Aisyiyah Bustanul Athfal Denpasar menerapkan pembelajaran jarak jauh yang disesuaikan dengan peraturan pemerintah yang berlaku serta kondisi dan kebutuhan setiap masing-masing sekolah. Dengan demikian hasil temuan dapat dijadikan sebagai sumber informasi dan referensi untuk bahan penelitian atau bahan pertimbangan terkait pengelolaan pembelajaran jarak jauh di taman kanak-kanak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Jarak Jauh, Pembelajaran TK, Modifikasi Perangkat Pembelajaran, Manajemen Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Anisa |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 00:54 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 00:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13381 |
Actions (login required)
View Item |