Yudiantari, Dewa Ayu Putu Ariska (2022) SURVEI KARAKTERISTIK RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) MASA NEW NORMAL PADA TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN SELEMADEG TIMUR, KABUPATEN TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811061022-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811061022-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAULUAN)
1811061022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (445kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (894kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811061022-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perubahan skema pembelajaran yang terjadi akibat pandemi covid-19 menuju new normal membuat kegiatan pembelajaran terus mengalami perubahan. Kurangnya pelatihan ataupun informasi tentang rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) di masa new normal mengakibatkan guru mengalami hambatan dalam penyusunan RPPH di masa new normal pada taman kanak-kanak. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui karakteristik RPPH masa new normal pada taman kanak-kanak di kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan. Penelitian ini merupakan penelitian survei deskriptif dengan metode kuantitatif. Subjek pemelitian ini adalah guru TK yang berada di kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan yang berjumlah 34 guru. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner atau angket yang disebarkan melalui google form. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan responden setuju melakukan penyesuaian atau perubahan pada beberapa komponen penyusun RPPH dengan rincian sebagai berikut: komponen alokasi waktu sebesar 65%, KI dan KD sebesar 51%, materi pembelajaran sebesar 56%, metode pembelajaran sebesar 39%, media pembelajaran sebesar 66%, dan langkah-langkah pembelajaran sebesar 74%. Pada beberapa komponen lainnya guru menyatakan tidak setuju melakukan penyesuaian atau perubahan, sebagai berikut: komponen identitas sekolah sebesar 100%, tema/sub-tema sebesar 56%, kelas/semester sebesar 44%, penilaian hasil belajar sebesar 42% dan tidak menyertakan sumber belajar pada RPPH masa new normal sebesar 40%. Dari hasil temuan dapat dinyatakan bahwa RPPH masa new normal yang disusun guru disesuaikan dengan situasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung di lembaga TK dan peraturan yang berlaku di lingkungan lembaga TK. Dengan demikian, hasil temuan dapat dijadikan sebagai sumber informasi, referensi atau acuan untuk bahan penelitian ataupun penyusunan RPPH masa new normal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran New Normal, RPPH, Modifikasi Perangkat Pembelajaran, PAUD. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Dewa Ayu Putu Ariska Yudiantari |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 01:03 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 01:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13383 |
Actions (login required)
View Item |