PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS TUTORIAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN KERJA BENGKEL DAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TAV DI SMKN 2 MAKASSAR TAHUN AJARAN 2021/2022

Novitama, Muh Adriansyah (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS TUTORIAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN KERJA BENGKEL DAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TAV DI SMKN 2 MAKASSAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811021038-COVER.pdf

Download (243kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811021038-ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021038-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021038-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811021038-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan untuk kelas X TAV SMKN 2 Makassar Tahun Pelajaran 2021/22, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tahapan pengembangan video pembelajaran berbasis tutorial menggunakan pendekatan kontekstual dan untuk mengetahui validitas hasil. Metode ADDIE digunakan dalam penelitian pengembangan ini. Satu orang ahli desain pembelajaran, satu orang ahli isi pembelajaran, satu orang ahli media pembelajaran, tiga orang siswa untuk uji coba individu, dan sembilan orang siswa untuk uji coba kelompok kecil menjadi subjek penelitian. Data kualitatif dan kuantitatif termasuk dalam penelitian ini. data yang dihasilkan. Teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk analisis data. (1) Proses pengembangan produk video pembelajaran berbasis tutorial menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap—analisis tahap, tahap desain, dan tahap desain—dengan pendekatan kontekstual pada mata kuliah Pekerjaan Bengkel dan Gambar Teknik.(2) Hasil validasi produk dikatakan valid dengan setiap penilaian: a) hasil review ahli desain pembelajaran dengan persentase 90% dengan kategori sangat baik; b) hasil review ahli isi pembelajaran dengan persentase 86% dengan kategori baik; c) hasil review ahli media pembelajaran dengan persentase 94% dengan kategori sangat baik; d) hasil uji coba individu dengan persentase 89,33% dengan kategori baik; Dengan demikian, video pembelajaran berbasis tutorial yang mengambil pendekatan kontekstual dengan topik Kerja Bengkel dan Gambar Teknik valid dan berkualitas untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video tutorial, kontekstual, pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Muh Adriansyah Novitama
Date Deposited: 21 Oct 2022 00:47
Last Modified: 21 Oct 2022 00:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13481

Actions (login required)

View Item View Item