Pertiwi, Ni Made Indra Diah (2022) KONTRIBUSI KEMANDIRIAN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 5 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011084-COVER.pdf Download (392kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011084-ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011084-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (65kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011084-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011084-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011084-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011084-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011084-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (49kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011084-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi: kemandirian belajar dan gaya belajar visual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, kemandirian belajar dan gaya belajar auditori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, serta kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X MIPA 6 dan X MIPA 7, penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen variabel kemandirian belajar dan gaya belajar adalah angket dengan masing-masing 30 pertanyaan, sedangkan instrumen variabel kemampuan pemecahan masalah matematika adalah tes dengan 5 soal tes, dimana masing-masing instrumen telah diuji validitas butir, reliabilitas, validitas isi dan tingkat kesukarannya. Untuk uji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan analisis regresi berganda. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan kemandirian belajar dan gaya belajar visual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mempunyai kontribusi sebesar 31,9%, hasil uji hipotesis kedua menunjukkan kemandirian belajar dan gaya belajar auditori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mempunyai kontribusi sebesar 47,3%, dan hasil uji hipotesis ketiga menunjukkan kemandirian belajar dan gaya belajar kinestetik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mempunyai kontribusi sebesar 40,7%. Kemandirian belajar dan gaya belajar dapat membantu peserta didik untuk mengambil keputusan dan tindakan yang tepat dalam menghadapi permasalahan dalam proses belajar yang nantinya akan berdampak positif terhadap kemampuan pemecahan masalah bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian belajar, Gaya Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | NI MADE INDRA DIAH PERTIWI |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 02:07 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 02:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13566 |
Actions (login required)
View Item |