Kartika, I Made Adi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 2D DAN LIVE SHOOT PENGENALAN DHARMAGITA SISWA KELAS I SD NEGERI 2 SINABUN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
151505195-COVER.pdf Download (614kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1515051095-ABSTRAK.pdf Download (247kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051095-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051095-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1515051095-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051095-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051095-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051095-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1515051095-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran animasi 2D dan Live Shoot pengenalan Dharmagita kelas I, penelitian ini bertempat di SD N 2 Sinabun Sesuai observasi awal proses pembelajaran di kelas masih banyak mengalami kesulitan, Guru belum bisa membuat siswa fokus dan aktif dalam mengikut proses pembelajaran. Hal tersebut disebabkan karena siswa kurang memperhatikan dan masih terbatasnya media dan buku pelajaran. Oleh karena itu peneliti merasa sangat perlu untuk mengembangkan media pembelajaran Agama Hindu dengan materi Dharmagita untuk anak anak SD N 2 Sinabun yang dapat membantu proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran pada materi Dharmagita dalam mata pelajaran Agama Hindu serta mengetahui respown siswa terhadap media video pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 2 Sinabun kelas satu. Metode penelitian yang diigunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R & D) pada materi menggunakan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan enam tahapan, yaitu tahap concept (pengonsepan), tahap design (perancangan), tahap material Collecting (pengumpulan bahan), tahap assembly (pembuatan), tahap testing (pengujian) dan tahap distribution (pendistribusian). Beberapa pengujian dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran agama hindu, yang di anataranya terdapat Uji ahli isi dengan hasil 0.91% dengan masuk kategori sangat vaid , uji ahli media mendapatkan hasil representasi 1.00% dengan masuk kategori sangat vaid dengan adanya revisi, uji respon dengan jumlah siswa 44 dengan hasil 91.36% dengan masuk kategori sangat vaid. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Animasi 2D, Live Shoot, Agama Hindu, Dharmagita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Animasi 2D, Live Shoot, Agama Hindu, Dharmagita. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Made Adi Kartika |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 03:12 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 03:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13617 |
Actions (login required)
View Item |