Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Berbasis Percobaan Pengujian pada Materi Titrasi Asam Basa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Septianingtyas, Kadek Dwi (2022) Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Berbasis Percobaan Pengujian pada Materi Titrasi Asam Basa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813031017-COVER.pdf

Download (362kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813031017-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813031017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813031017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813031017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813031017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813031017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813031017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813031017-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan unit kegiatan belajar berbasis percobaan pengujian pada materi titrasi asam basa. Penelitian ini menggunakan model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi 4 tahap, yaitu 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk, dan 4) uji coba terbatas produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, validasi, kuisioner, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah catatan dokumen, lembar validasi, angket kepraktisan, dan tes hasil belajar. Karakteristik produk yang dikembangkan memuat kegiatan praktikum yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menguji di keadaan nyata apa yang sudah diperoleh dari pembelajaran teori. Langkah pokok dalam pembelajaran percobaan pengujian, yaitu 1) penyampaian informasi, 2) pelaksanaan percobaan, dan 3) diskusi dan presentasi hasil percobaan. Hasil yang diperoleh yaitu produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dengan skor rata-rata 1,0 dengan kategori validitas sangat tinggi dan telah memenuhi kriteria kepraktisan dengan skor rata-rata 3,40 dengan kategori praktis. Hasil uji efektifitas produk menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan peserta didik yang telah memenuhi KKM sebesar 83,33%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: percobaan pengujian, titrasi asam basa, unit kegiatan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Kadek Dwi Septianingtyas
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:36
Last Modified: 28 Oct 2022 03:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13620

Actions (login required)

View Item View Item