Wulandari, Ni Nyoman Ayu (2023) MODEL STRUKTURAL KONSEP DIRI, KECEMASAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029021011-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029021011-ABSTRAK.pdf Download (197kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029021011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (229kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029021011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029021011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (808kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029021011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (957kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029021011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029021011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (452kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029021011-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran tanpa tatap muka baik secara online maupun offline menyebabkan siswa sering merasa cemas. Selain pembelajaran, faktor lain yang diduga dapat menimbulkan rasa cemas adalah konsep diri. Rasa cemas pada akhirnya berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasi model struktural dari konsep diri akademik, kecemasan matematika dan prestasi belajar matematika. Penelitian tergolong bentuk penelitian ex post facto dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP dengan sampel sebanyak 213 orang siswa yang ditentukan berdasarkan rumus Isaac-Michael dan dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner untuk variabel konsep diri akademik dan kecemasan matematika, serta tes obyektif untuk variabel prestasi belajar matematika. Data dianalisis menggunakan Struktural Equation Modeling (SEM) berbantuan aplikasi Lisrel. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model hubungan antar-variabel yang memengaruhi prestasi belajar matematika terbukti secara empiris, (2) terdapat pengaruh yang signifikan dan negatif antara konsep diri akademik terhadap kecemasan matematika, (3) terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara konsep diri akademik terhadap prestasi belajar matematika, (4) terdapat pengaruh yang signifikan dan negatif antara kecemasan matematika terhadap prestasi belajar matematika. Temuan diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi guru maupun orang tua mengenai pentingnya menjaga stabilitas konsep diri akademik dan kecemasan matematika siswa agar dapat mencapai prestasi belajar matematika yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsep diri, kecemasan, prestasi belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Ni Nyoman Ayu Wulandari |
Date Deposited: | 22 Jan 2023 09:19 |
Last Modified: | 22 Jan 2023 09:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13676 |
Actions (login required)
View Item |