Sarimertha, Ni Putu Finna Kartika (2023) Hubungan Pendekatan Belajar dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1918011001-COVER.pdf Download (841kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1918011001-ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1918011001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (61kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1918011001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1918011001-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN)
1918011001-BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PEMBAHASAN)
1918011001-BAB 5 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6 PENUTUP)
1918011001-BAB 6 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1918011001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1918011001-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendekatan belajar adalah cara yang diterapkan oleh seseorang dalam mempelajari suatu materi untuk mencapai hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pendekatan belajar dengan prestasi akademik mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha angkatan 2019, 2020, dan 2021 dengan sampel ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data yang digunakan terdiri dari data primer berupa pengukuran pendekatan belajar menggunakan kuesioner The Approaches and Study Skills Inventory for Students (ASSIST) Short-Form versi Indonesia dan data sekunder berupa data Indeks Prestasi Semester. Teknik analisis data dimulai dari analisis statistik deskriptif, uji prasyarat, analisis korelasi Pearson, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan arah korelasi positif antara pendekatan belajar strategis dengan prestasi akademik (p=0,004; r=0,275), tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan belajar mendalam dengan prestasi akademik (p=0,052; r=0,188), tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan belajar permukaan dengan prestasi akademik (p=0,146; r=-0,141), dan pendekatan belajar mendalam, pendekatan belajar strategis, dan pendekatan belajar permukaan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik (p=0,021) dengan kontribusi pengaruh sebesar 9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan belajar mendalam, pendekatan belajar strategis, dan pendekatan belajar permukaan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik dengan faktor tertinggi yang berkontribusi terhadap prestasi akademik adalah pendekatan belajar strategis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan belajar, prestasi akademik, mahasiswa kedokteran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Finna Kartika Sarimertha |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 06:40 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 06:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13721 |
Actions (login required)
View Item |