PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN DAN PERANNYA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 TEJAKULA

Ardika, I Gede (2023) PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN DAN PERANNYA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 TEJAKULA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129031017-COVER)
2129031017-Cover.pdf

Download (982kB)
[img] Text (2129031017-ABSTRAK)
2129031017-Abstrak.pdf

Download (235kB)
[img] Text (2129031017-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129031017-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (473kB)
[img] Text (2129031017-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129031017-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (2129031017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129031017-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (2129031017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129031017-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (2129031017-BAB 5 PENUTUP)
2129031017-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (2129031017-DAFTAR PUSTAKA)
2129031017-Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB)
[img] Text (2129031017-LAMPIRAN)
2129031017-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pelaksanaan supervisi di SMA Negeri 1 Tejakula; 2) mengetahui tujuan pelaksanaan Supervisi di SMA Negeri 1 Tejakula; 3) mengetahui peranan kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi di SMA Negeri 1 Tejakula; 4) mengetahui upaya kepala sekolah dalam menjamin keektifan jalanya Prgram supervisi; dan 5) mengetahui persepsi Guru SMA Negeri 1 Tejakula terhadap pelaksanaan supervisi di SMA Negeri 1 Tejakula. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Tejakula. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua tenaga pendidik dan kependidikan SMA Negeri 1 Tejakula. Sampel penelitian ini yaitu kepala Sekolah dan Guru-guru SMA Negeri 1 Tejakula sejumlah 50 orang. Sampel penelitian ditetapkan dengan menggunakan teknik sampling purpose sampling dan snowball sampling. Data dikumpulkan dengan mempergunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitaian ini yaitu teknik analisis data kualitatif, penelitian kualitatif data diperoleh secara terus menerus (triangulasi) dan dilakukan secara terus menerus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) program pelaksanaan supervisi di SMA Negeri 1 Tejakula, di dahului proses pemantauan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan supervisi setelah supervisi dilaksanakan dilakukan proses evaluasi dan tindak lanjut, 2) program Supervisi di SMA Negeri 1 Tejakula bertujuan untuk pemantauan/pengawasan, pembinaan dan perbaikan proses pembelajaran, 3) kepala sekolah SMA Negeri 1 Tejakula memegang peranan penting dalam kegiatan supervisi, 4) persepsi guru SMA Negeri 1 Tejakula tentang supervisi yaitu memiliki setidaknya tiga pandangan yaitu supervisi sebagai alat penilaian, supervisi sebagai alat pembinaan dan supervisi sebagai alat refleksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Supervisi, Mutu Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: I Gede Ardika
Date Deposited: 08 Feb 2023 09:47
Last Modified: 08 Feb 2023 09:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13828

Actions (login required)

View Item View Item