Indah Sri Sutari, Ni Putu (2023) Pengembangan Video Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Transformasi Kelas XI MIPA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1813011033-COVER.pdf Download (555kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011033-ABSTRAK.pdf Download (130kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (157kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011033-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan memperoleh inovasi media pembelajaran berupa video pembelajaran yang interaktif dengan pendekatan kontekstual pada materi transformasi kelas XI MIPA. Proses dalam pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yakni Analysis (analisis), Design (rancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) serta Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner dan tes. Sedangkan untuk Teknik analisis data dilakukan secara analisis data kuantitatif. Penggunaan instrumen validator disesuaikan dengan angket penelitian LORI (Learning Objek Review Instrument). Sedangkan untuk instrumen kepraktisan siswa menggunakan angket responden guru dan siswa. Instrumen disesuaikan menggunakan skala 4. Hasil dari pengembangan yang dilakukan berupa video interaktif yang dapat diakses melalui link Linktree yang memuat materi khususnya transformasi geometri. Penerapan pendekatan kontekstual digunakan pada pengilustrasian serta pemberian masalah dalam video interaktif. Subjek penelitian yang digunakan yakni siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja. Penilaian video interaktif dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media dengan memperoleh skor rata – rata 3,9 dan video interaktif yang dikembangkan siap di uji coba. Video interaktif ini memiliki beberapa karakteristik yakni materi transformasi disesuaikan dengan pendekatan kontekstual yang dibuat persubbab pada masing – masing video. Peneliti melaksanakan uji coba terbatas pada kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja untuk mengetahui tingkat kepraktisan serta keefektifan video interaktif dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan. Berdasarkan hasil uji coba maka diperoleh bahwa persentase kepraktisan yakni 83,3 % untuk siswa sedangkan persentase kepraktisan yakni 89,2 % untuk guru yang termasuk ke kategori sangat praktis. Serta untuk keefektifan video interaktif ini memperoleh persentase skor yakni 87,5 % dengan jumlah ketuntasan siswa sebanyak 28 orang yang termasuk ke kategori efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Interaktif, Pendekatan Kontekstual, Transformasi, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Indah Sri Sutari |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 02:56 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 02:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13946 |
Actions (login required)
View Item |