Devi, Ika Sintya (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA LAGU (NYANYIAN) TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS KELAS V PADA YAYASAN PERGURUAN RAKYAT SARASWATI DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031003-COVER.pdf Download (743kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031003-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1911031003-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1911031003-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1911031003-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031003-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1911031003-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031003-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media lagu (nyanyian) terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V pada Yayasan Perguruan Rakyat Saraswati Denpasar tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini ialah quasi experiment dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Yayasan Perguruan Rakyat Saraswati yakni sebanyak 753 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD Saraswati 6 Denpasar sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 44 orang dan siswa kelas V SD Saraswati 4 Denpasar sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes objektif (pilihan ganda) yang terdiri atas 35 butir soal dengan empat pilihan jawaban. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data diperoleh rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 15,36 dengan kategori kurang, dan rata-rata pre-test pada kelompok kontrol 14,88 dengan kategori kurang. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 26,20 dengan kategori cukup, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 22,31 dengan kategori kurang. Berdasarkan hasil analisis uji-t, diperoleh t-hitung = 3,85 > t-tabel = 1,99 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 74 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media lagu (nyanyian) terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V pada Yayasan Perguruan Rakyat Saraswati Denpasar tahun pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: kompetensi pengetahuan IPS, lagu (nyanyian), Talking Stick |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Ika Sintya Devi |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 03:14 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 03:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13951 |
Actions (login required)
View Item |