Rahayu, Novia Kadek Widyastuti (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA PADA TEMA LINGKUNGANKU BAGI ANAK KELOMPOK B PAUD KUMARA WARMADEWA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911061027-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911061027-ABSTRAK.pdf Download (216kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (651kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (954kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (896kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (365kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911061027-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Terdapat guru PAUD yang mengalami kendala dan kesulitan saat mengembangkan media pembelajaran yang tepat saat mengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan rancang bangun media video animasi berbasis Tri Kaya Parisudha pada tema lingkunganku bagi anak kelompok B PAUD Kumara Warmadewa (2) mengetahui kualitas media video animasi berbasis Tri Kaya Parisudha pada tema lingkunganku bagi anak kelompok B PAUD Kumara Warmadewa, dan (3) mengetahui efektivitas media video animasi berbasis Tri Kaya Parisudha pada tema lingkunganku bagi anak kelompok B PAUD Kumara Warmadewa. Produk diuji oleh 1 ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain instruksional, 1 ahli media pembelajaran, serta dengan subjek penelitian 3 orang siswa uji coba perorangan, 6 orang siswa uji coba kelompok kecil, dan uji efektivitas menggunakan 19 orang siswa. Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian pengembangan menggunakan metode pengumpulan data dengan angket/kuesioner serta menggunakan angket observasi (non tes). Teknik analisis data yang digunakan anilisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menemukan (1) Rancang bangun media video animasi menggunakan model pengembangan ADDIE dengan hasil penilaian dari ahli rancang bangun 90,90%. (2) Kualitas media video animasi menunjukkan hasil penilaian menurut ahli dan subjek penelitian secara berturut-turut sebesar 95,00%, 88,88%, 83,33%, 94,16%, dan 92,5% dengan memiliki kategori baik dan sangat baik sehingga produk yang dikembangkan valid untuk digunakan. (3) Efektivitas media video animasi berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = -14,18 untuk db = 18 dan taraf signifikan 5% = 1,734. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa Media Video Animasi Berbasis Tri Kaya Parisudha efektif diterapkan pada Tema Lingkunganku pada Anak Kelompok B PAUD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi, Tri Kaya Parisudha, Lingkunganku |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Novia Kadek Widyastuti Rahayu |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 04:30 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 04:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13976 |
Actions (login required)
View Item |