Rapitasari, Ni Putu Ratih Novi (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Wondershare Filmmora pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Muatan Pembelajaran IPA Kelas IV SD No. 1 Penarungan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031190-COVER.pdf Download (627kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031190-ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031190-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031190-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031190-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031190-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031190-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031190-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031190-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media video pembelajaran berbasis aplikasi Wondershare Filmmora pada materi bagian tubuh tumbuhan, (2) mengetahui kelayakan media video pembelajaran berbasis aplikasi Wondershare Filmmora pada materi bagian tubuh tumbuhan, dan (3) mengetahui efektivitas media video pembelajaran berbasis aplikasi Wondershare Filmmora terhadap pemahaman konsep siswa mengenai materi bagian tubuh tumbuhan. Tipe penelitian pengembangan (RnD) ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Uji produk terdiri atas 1 orang ahli rancang bangun, 1 orang ahli isi materi, 1 orang ahli desain instruksional, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 orang subjek uji coba perorangan, dan 9 orang subjek uji kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa media video pembelajaran berbasis Wondershare Filmmora pada muatan pembelajaran IPA di kelas IV SD dinyatakan valid berdasarkan: (a) hasil penilaian ahli rancang bangun berkualifikasi sangat baik (90,00%); (b) hasil penilaian ahli isi materi berkualifikasi sangat baik (96,00%); (c) hasil penilaian ahli desain instruksional berkualifikasi baik (89,33%); (d) hasil penilaian ahli media pembelajaran berkualifikasi baik (89,33%); (e) hasil penilaian uji perorangan berkualifikasi sangat baik (96,89%); (f) hasil penilaian uji kelompok kecil berkualifikasi sangat baik (96,15%). Hasil uji efektivitas yang dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial teknik uji-t memperoleh hasil thitung = 4.65 untuk db = 24 dan taraf signifikansi 5% ttabel = 2,06. Hal ini menunjukkan thitung ≥ ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Implikasi dari penelitian ini secara empiris terbukti dengan penggunaan media video pembelajaran berbasis Wondershare Filmmora mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bagian tubuh tumbuhan, serta mampu meningkatkan fokus siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | addie, ipa, wondershare filmmora |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ratih Novi Rapitasari |
Date Deposited: | 18 Feb 2023 10:31 |
Last Modified: | 18 Feb 2023 10:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14023 |
Actions (login required)
View Item |