Laksmi, Ni Luh Putu Lila Maha (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD N Gugus VII Abiansemal Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031060-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031060-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031060-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (366kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031060-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031060-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031060-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (906kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031060-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031060-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (456kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031060-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent pretest posttest control grup design. Populasi penelitian ini adalah 210 siswa, dengan penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Dengan hasil SD No. 1 Angantaka sebagai kelompok eksperimen dan SD No. 2 Angantaka sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan jenis tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda berjumlah 30 butir soal yang telah divalidasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis statistikinferensial Teknik uji-t separated varians. Hasil analisis data diperoleh thitung = 6,48 > ttabel = 2,002 pada taraf signifikansi 5% dengan dk 44, jadi H0 ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang diberi perlakuan discovery learning berbasis Tri Hita Karana dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan discovery learning berbasis Tri Hita Karana. Dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbasis Tri Hita Karana berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD N Gugus VII Abiansemal Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | discovery learning, Tri Hita Karana, kompetensi pengetahuan IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Lila Maha Laksmi |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 04:26 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 04:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14071 |
Actions (login required)
View Item |