PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS V SD NEGERI 5 KAMPUNG BARU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ellyana, Ayu Carpathia (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS V SD NEGERI 5 KAMPUNG BARU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911021034-COVER.pdf

Download (374kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911021034-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911021034-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dalam bentuk media video pembelajaran, mendeskripsikan validitas dalam bentuk media video pembelajaran, dan untuk mendeskripsikan efektivitas dalam bentuk media video pembelajaran berbasis problem based learning pada muatan IPA Kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan angket/kuesrioner dan tes obyektif pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) rancang bangun media video pembelajaran berbasis problem based learning pada muatan IPA meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap impementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation) dan hasil dari uji coba ahli teknologi pendidikan dengan skor 95,83% dengan kualifikasi sangat baik. (2) Pengembangan video pemelajaran berbasis problem based learning pada muatan IPA dinyatakan valid melalui: (a) hasil Review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (100%), (b) hasil Review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi baik (89,58%), (c) hasil Review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94,44%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (99,53%), dan (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (93,67). Secara umum hasil penelitian menunjukkan video pembelajaran berbasis problem based learning pada muatan IPA valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.(3) Efektivitas media video pembelajaran berbasis problem based learning pada muatan IPA menunjukkan hasil rata-rata nilai pre-test adalah 48,87 dan hasil rata-rata nilai post-test adalah 85,62. Setelah dilakukan perhitungan secara manual diperoleh hasil thitung (20,507) > ttabel (2,000) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan video pembelajaran berbasis problem based learning pada muatan IPA siswa kelas V SD Negeri 5 Kampung Baru tahun pelajaran 2022/2023. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu agar media video pembelajaran ini dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta mempermudah dalam memahami materi pelajaran. Kata-kata kunci: Video pembelajaran, problem based learning, pengembangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video pembelajaran, problem based learning, pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Ayu Carpathia Ellyana
Date Deposited: 19 Feb 2023 05:23
Last Modified: 19 Feb 2023 05:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14079

Actions (login required)

View Item View Item