Putri, Ni Kadek Rista Ary (2023) KOMPARASI EFEKTIFITAS PENDEKATAN KONSELING REBT DENGAN TEKNIK SELF-TALK DAN MODELING UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA KELAS X SMAN 8 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129111010-COVER.pdf Download (362kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129111010-ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129111010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (288kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
2129111010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (750kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129111010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (836kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129111010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (939kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
2129111010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129111010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129111010-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Rista Ary Putri, Kadek. (2023). Komparai Efektivitas Pendekatan Konseling REBT Teknik Self-Talk dan Modeling untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Siswa Kelas X SMAN 8 Denpasar. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S., Kons.dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Ketut Dharsana, M.Pd., Kons. Kata Kunci: Konseling REBT, teknik self-talk, teknik modeling, kecemasan akademik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model konseling REBT teknik self-talk dan modeling untuk menurunkan tingkat kecemasan siswa kelas X SMAN 8 Denpasar. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan penelitian pretest posttestcontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 8 Denpasar sejumlah 628 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah 156 orang yang terdiri dari siswa kelas X1 sejumlah 52 orang,X10 sejumlah 52 orang dan X5 sejumlah 52 orang, yang diambil melalui teknikrandom sampling dankelas sebagai intact group. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner kecemasan akademik yang berjumlah 35 item yang telah memenuhi uji internal konsistensi butir dan reliabilitas pada kategori tinggi. Data penelitian dianalisis menggunakan Uji t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh: (1) Model konseling REBT teknik self-talk efektif untuk menurunkan tingkat kecemasan siswa kelas X SMAN 8 Denpasar. Diperoleh hasil t=14,89(sig = 5%) pada df = 51tergolong memiliki efektivitas tinggi. (2) Model konseling REBT teknikmodeling efektif untuk menurunkan tingkat kecemasan siswa kelas X SMAN 8 Denpasar. Diperoleh hasil t = 14,76(sig= 5%) pada df = 51tergolong memiliki efektivitas tinggi. (3) Terdapat perbedaan efektivitas antara model konseling REBT teknik self-talkdengan teknik modelinguntuk mengurangitingkat kecemasan siswa kelas X SMAN 8 Denpasar. Diperoleh nilai F = 3,58 (sig= 5%). Dalam hal mana teknik konseling REBT dengan teknik self-talk lebih efektif dibandingkan dengan konseling REBT teknik modeling dalam menurunkan tingkat kecemasan akademik pada siswa kelas X SMAN 8 Denpasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling REBT, teknik self-talk, teknik modeling, kecemasan akademik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2) |
Depositing User: | NI KADEK RISTA ARY PUTRI |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 06:34 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 06:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14099 |
Actions (login required)
View Item |