KEDISIPLINAN BELAJAR DITINJAU DARI PERAN ORANG TUA DALAM MENGONTROL PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN SUSUT KABUPATEN BANGLI

Widiyanti, Dewa Ayu (2023) KEDISIPLINAN BELAJAR DITINJAU DARI PERAN ORANG TUA DALAM MENGONTROL PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN SUSUT KABUPATEN BANGLI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031260-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031260-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031260-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (454kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031260-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031260-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031260-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031260-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031260-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031260-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat pengguna gadget tidak hanya berasal dari kalangan orang dewasa namun juga anak-anak dapat memanfaatkan gadget dalam aktivitas yang mereka lakukan setiap hari. Namun, penggunaan gadget dikalangan anak-anak tanpa adanya pengawasan orang tua menimbulkan pengaruh negatif yang melekat pada diri anak, sehingga berdampak pada kedisiplinan mereka khususnya pada kedisiplinan belajar anak disekolah maupun dirumah. Disinilah peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget sangat perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa akibat dari penggunaan gadget di dalam kehidupan sehari-hari dan peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Susut, Kabupetan Bangli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu sebanyak sepuluh orang tua dan siswa sekolah dasar kelas IV di Gugus III Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. Penentuan subjek yang dipilih berdasarkan kriteria permasalahan penelitian yaitu siswa yang memiliki permasalahan karakter pada kedisiplinan belajar seperti tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran, membully, berkata kasar, sering melamun dalam proses pembelajaran, dan terlambat datang ke sekolah akibat sering bermain gadget. Pengumpulan data menggunakan metode non-tes melalui kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukan persentase pada kedisiplinan belajar siswa berdasarkan pemberian kuesioner 38,58% hasil tersebut dikategorikan pada kriteria rendah. Sedangkan hasil analisis data pada peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget menunjukan persentase 39,37% yang dimana hasil tersebut dikategorikan pada kriteria rendah. Adanya penelitian ini kepada para orang tua lebih memperhatikan anak-anaknya dalam mengawasi anak pada penggunaan gadget dengan memberikan batasan waktu dan aturan yang sesuai agar anak tidak kecanduan dalam penyalahgunaan penggunaan gadget.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gadget, Kedisiplinan Belajar, Peran Orang Tua
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Dewa Ayu Widiyanti
Date Deposited: 19 Feb 2023 04:56
Last Modified: 19 Feb 2023 04:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14113

Actions (login required)

View Item View Item