Sari, Ni Putu Putri Kemuning (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS UNTUNG SURAPATI DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031080-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031080-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031080-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (472kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031080-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031080-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031080-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031080-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031080-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (498kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031080-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division berbantuan media poster dalam muatan pelajaran IPA siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian quasi experiment design (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kompetensi pengetahuan IPA. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial menggunakan uji-t. Hasil analisis statistika deskriptif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 88,88 dan 71,77 pada kelas kontrol. Hasil analisis statistika inferensial uji-t diperoleh thitung (9,66) > ttabel (2,00) pada derajat kebebasan 60 dan taraf signifikansi 5%, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata kompetensi pengetahuan kelompok eksperimen dalam kategori sangat tinggi dan kelompok kontrol dalam kategori tinggi serta model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division berbantuan media poster memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STAD, Pengetahuan, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Putri Kemuning Sari |
Date Deposited: | 19 Feb 2023 04:04 |
Last Modified: | 19 Feb 2023 04:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14128 |
Actions (login required)
View Item |