Keswari, Putu Hita (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA PAPAN PECAHAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS IR. SOEKARNO DENPASAR SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031033-COVER.pdf Download (853kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031033-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (458kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (861kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (472kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031033-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media papan pecahan terhadap kompetensi pengetahuan matematika pada siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Denpasar Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh 490 siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Denpasar Selatan. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD Negeri 7 Pedungan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan siswa kelas V SD Negeri 10 Pedungan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 24 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianaisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 15,06 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata pre-test pada kelompok kontrol 13,50 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 22,48 yang berada pada kategori sedang, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 18,75 yang berada pada kategori rendah. Hasil analisis uji-t diperoleh t-hitung = 2,846 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 53 adalah 2,005. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar daripada t-tabel (2,846 > 2,005) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media papan pecahan terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Denpasar Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi pengetahuan matematika, media papan pecahan, student facilitator and explaining |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Hita Keswari |
Date Deposited: | 19 Feb 2023 04:15 |
Last Modified: | 19 Feb 2023 04:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14130 |
Actions (login required)
View Item |