Dewi, Ni Wayan At Pramita (2023) PENGARUH STRATEGI KERJA KELOMPOK BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 NUSA PENIDA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812061010-COVER.pdf Download (469kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812061010-ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812061010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (166kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812061010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1812061010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812061010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812061010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812061010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812061010-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan strategi kerja kelompok berbantuan media Crossword Puzzle terhadap motivasi dan kemampuan bahasa Jepang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nusa Penida serta untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan media Crossword Puzzle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis Quasi Esperimental Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 198 orang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nusa Penida. Sampel dari penelitian ini berjumlah 60 orang yang terdiri dari 30 orang siswa kelas XI IBB 1 sebagai kelas eksperimen dan 30 orang siswa kelas XI IBB 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi dan kemampuan bahasa Jepang di kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan strategi kerja kelompok berbantuan media Crossword Puzzle. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis Independent Sample T-Test yang menunjukkan nilai Sig. (2-Tailed) posttest sebesar 0,000 < 0,05. Serta berdasarkan hasil angket menunjukkan respon positif dari siswa setelah menggunakan media Crossword Puzzle dengan hasil akhir sebesar 93,6% dengan kategori Sangat Setuju/Baik/Puas/Suka. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa strategi kerja kelompok berbantuan media Crossword Puzzle dapat memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan bahasa Jepang pada siswa. Kata Kunci : Strategi Kerja Kelompok, Crossword Puzzle, Kemampuan Bahasa Jepang, Motivasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Kerja Kelompok, Crossword Puzzle, Kemampuan Bahasa Jepang, Motivasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan At Pramita Dewi |
Date Deposited: | 19 Feb 2023 00:57 |
Last Modified: | 19 Feb 2023 00:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14161 |
Actions (login required)
View Item |