PENGARUH STRATEGI KERJA KELOMPOK BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 NUSA PENIDA

Dewi, Ni Wayan At Pramita (2023) PENGARUH STRATEGI KERJA KELOMPOK BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 NUSA PENIDA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812061010-COVER.pdf

Download (469kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812061010-ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812061010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812061010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1812061010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812061010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812061010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812061010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812061010-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan strategi kerja kelompok berbantuan media Crossword Puzzle terhadap motivasi dan kemampuan bahasa Jepang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nusa Penida serta untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan media Crossword Puzzle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis Quasi Esperimental Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 198 orang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nusa Penida. Sampel dari penelitian ini berjumlah 60 orang yang terdiri dari 30 orang siswa kelas XI IBB 1 sebagai kelas eksperimen dan 30 orang siswa kelas XI IBB 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi dan kemampuan bahasa Jepang di kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan strategi kerja kelompok berbantuan media Crossword Puzzle. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis Independent Sample T-Test yang menunjukkan nilai Sig. (2-Tailed) posttest sebesar 0,000 < 0,05. Serta berdasarkan hasil angket menunjukkan respon positif dari siswa setelah menggunakan media Crossword Puzzle dengan hasil akhir sebesar 93,6% dengan kategori Sangat Setuju/Baik/Puas/Suka. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa strategi kerja kelompok berbantuan media Crossword Puzzle dapat memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan bahasa Jepang pada siswa. Kata Kunci : Strategi Kerja Kelompok, Crossword Puzzle, Kemampuan Bahasa Jepang, Motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kerja Kelompok, Crossword Puzzle, Kemampuan Bahasa Jepang, Motivasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Ni Wayan At Pramita Dewi
Date Deposited: 19 Feb 2023 00:57
Last Modified: 19 Feb 2023 00:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14161

Actions (login required)

View Item View Item