Sanjaya, I Gede Adi (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGETAHUI KONDISI LEARNING LOSS SISWA SD NEGERI 4 BANYUNING PASCA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031130-COVER.pdf Download (227kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031130-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031130-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (72kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031130-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031130-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031130-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031130-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031130-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031130-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan guna mengembangkan instrumen penilaian untuk mengetahui kondisi learning loss siswa sekolah dasar pasca pembelajaran jarak jauh yang teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran serta daya bedanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D. Subjek dari penelitian pengembangan ini adalah dosen alhi untuk mengetahui validitas instrumen yang dibuat, kemudian siswa sekolah dasar sasaran untuk mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran serta daya beda instrumen penilaian. Analisis validitas butir, instrumen pilihan ganda menggunakan rumus korelasi Point Biserial, berikut perhitungannya, instrumen 2 dari 30 butir soal, sebanyak 20 soal valid. Selanjutnya pada soal kelas 3 sebanyak 41 soal valid, instrumen kelas 4 sebanyak 48 instrumen valid. Untuk instrumen kelas 5 yang sebanyak 41 soal valid. Dan yang terakhir untuk soal kelas 6 dinyatakan sebanyak 42 butir soal yang valid. Dengan hasil uji validitas instrumen ini memiliki tingkat validitas yang sangat baik. Selanjutnya uji reliabilitas yang dihitung menggunakan rumus KR 20, pada instrumen kelas 2 memiliki reliabilitas sebesar 0,93, instrumen kelas 3 sebanyak 0,984, instrumen kelas 4 sebanyak 0,973, instrumen kelas 5 sebanyak 0,960 dan instrumen kelas 6 sebanyak 0,947yang mana semua instrument sangat reliabel. Untuk analisis tingkat kesukaran pada instrumen kelas 2, soal sukar sebanyak 2 soal, sedang 21 soal, mudah 7 soal. Untuk kelas 3, soal sukar sebanyak 6, 77 soal sedang, 7 soal mudah. Instrumen kelas 4, soal sukar 16, sedang 61 soal, mudah 13 soal. Instrumen kelas 5, soal sukar 4 soal, sedang 68 soal, mudah 18 soal. Dan untuk instrumen kelas 6 soal sukar sebanyak 2 soal, sedang 67 soal,dan soal 21 butir. Hingga akhirnya mendapatkan butir soal yang terpakai pada instrumen pengukuran learning loss masing-masing dari kelas 2, 40 butir instrument kelas 3, 5 dan 6. Serta 45 butir instrument di kelas 4 yang masing-masing sudah dapat disebarkan pada objek sasaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen, learning loss, pembelajaran jarak jauh |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Adi Sanjaya |
Date Deposited: | 19 Feb 2023 09:38 |
Last Modified: | 19 Feb 2023 09:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14166 |
Actions (login required)
View Item |