DEVELOPING AUTHENTIC ASSESSMENT RUBRIC IN MERDEKA CURRICULUM FOR ASSESSING 10TH GRADE STUDENTS

Savitri, Ni Kadek Intan (2023) DEVELOPING AUTHENTIC ASSESSMENT RUBRIC IN MERDEKA CURRICULUM FOR ASSESSING 10TH GRADE STUDENTS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021212-COVER.pdf

Download (405kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021212-ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021212-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021212-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021212-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021212-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021212-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021212-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021212-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rubrik penilaian otentik dalam Kurikulum Merdeka untuk menilai siswa kelas X berdasarkan sintaks metode pembelajaran abad 21 yaitu pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek, dan pembelajaran berbasis penemuan. Desain yang digunakan adalah penelitian pengembangan berdasarkan prosedur ADDE yang dikemukakan oleh Richey dan Klein (2007). Prosedur yang dilalui adalah analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Subjek yang direkrut adalah seorang guru bahasa Inggris dan 40 siswa kelas X 3 SMA Negeri 4 Singaraja. Data diambil dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumen. Hasil prosedur analisis dilanjutkan dengan merancang cetak biru rubrik penilaian autentik kemudian mengembangkan penilaian. Rubrik yang dikembangkan berdasarkan silabus kelas X pada Kurikulum Merdeka. Ada empat jenis rubrik yang dikembangkan yaitu rubrik penilaian proses, rubrik penilaian produk dan kinerja siswa, penilaian diri proses, dan penilaian diri kinerja sebagai refleksi siswa. Berdasarkan hasil evaluasi prosedur rubrik layak digunakan oleh guru untuk menilai dan mengevaluasi siswa kelas X yang ditunjukkan dengan media yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: rubrik penilaian otentik, metode pembelajaran otentik, siswa sekolah menengah atas
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Kadek Intan Savitri
Date Deposited: 21 Feb 2023 15:22
Last Modified: 21 Feb 2023 15:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14275

Actions (login required)

View Item View Item