PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 10 KEMBIRITAN KECAMATAN GENTENG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Tantri, Dwi Ayu (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 10 KEMBIRITAN KECAMATAN GENTENG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811021018-COVER.pdf

Download (286kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811021018-ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811021018-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) rancang bangun pengembangan media video pembelajaran, (2) hasil validitas media video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menurut para ahli dan uji coba produk, dan (3) efektivitas media video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode kuesioner dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan (1) proses pengembangan produk media video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia meliputi lima tahapan: (a) tahap analisis (analysis), (b) tahap perancangan (design), (c) tahap pengembangan (development), (d) tahap implementasi (implementation), dan (e) tahap evaluasi (evaluation). (2) media video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dinyatakan (a) dari segi isi mata pelajaran dinyatakan valid dengan rerata skor 96,00% yang berada pada kategori sangat baik, (b) ahli media pembelajaran dinyatakan valid dengan rerata skor 91,66% yang berada pada kategori sangat baik, (c) dari segi desain pembelajaran dinyatakan valid dengan rerata skor 91,11% yang berada pada kategori sangat baik, (d) hasil uji coba perorangan dengan rerata 95,33% yang berada pada kategori sangat baik (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan rerata 96,58% yang berada pada kategori sangat baik dan hasil uji coba lapangan dengan dengan rerata 93,99% dan berada pada kategori sangat baik. (3) Hasil uji efektivitas dengan teknik uji-t diperoleh t-hitung sebesar 8,045 dan t-tabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan db = n1 + n2 - 2 = 24 – 2 = 22 diperoleh t-tabel sebesar 2,074. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel (8,045> 2,074), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Bahasa Indonesia setelah menggunakan media video pembelajaran. Ini berarti bahwa media video pembelajaran efektif digunanakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Pengembangan, Video, Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Dwi Ayu Tantri
Date Deposited: 21 Feb 2023 01:48
Last Modified: 21 Feb 2023 01:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14287

Actions (login required)

View Item View Item