Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Animaker untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Jurusan Perhotelan Pada SMK Di Singaraja

Dewi, Md Marta Sari (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Animaker untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Jurusan Perhotelan Pada SMK Di Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812061028-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812061028-ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812061028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (415kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812061028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812061028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812061028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812061028-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812061028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812061028-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Video Animasi yang berbasis Animaker. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan modal pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang dikembangkan oleh Luther yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu tahap Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Di dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara dan kuesioner berupa angket penilaian uji ahli (uji ahli media dan uji ahli materi) dan uji coba terbatas. Video animasi yang dikembangkan sebanyak 9 tema yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan guru dengan menampilkan pengenalan kosakata, percakapan singkat dan latihan soal yang mampu menuntun kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Hasil yang diperoleh dari uji ahli media yaitu 100 (sangat sesuai), dari uji ahli materi yaitu 84,09 (sangat sesuai). Kemudian, hasil yang diperoleh dari uji coba dari guru adalah 100 (sangat sesuai) dan uji coba terbatas dari peserta didik yaitu 96,66% (sangat layak). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang untuk jurusan Perhotelan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, video animasi, MDLC, berpikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Md Marta Sari Dewi
Date Deposited: 21 Feb 2023 13:53
Last Modified: 21 Feb 2023 13:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14364

Actions (login required)

View Item View Item