Yanti, Ni Kadek Diah Kusuma (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AGAMA HINDU KELAS 5 DI SD NEGERI 5 BANNJAR ANYAR TABANAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811021007-COVER.pdf Download (514kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811021007-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811021007-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media video pembelajaran dan mengetahui uji validasi dari media yang dikembangkan pada mata pelajaran Agama Hindu untuk siswa kelas V di SD Negeri 5 Banjar Anyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) model pengembangan yang di gunakan yaitu ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan: analysis (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implement (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini melibatkan siswa-siswi kelas V. Validasi dari media video pembelajaran dilaksanakan oleh 3 ahli yaitu: 1). Ahli Desain, 2). Ahli Media, 3). Ahli Isi Materi, selanjutnya dilaksanakan uji coba produk yang meliputi uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil validasi yang dilakukan oleh tiga ahli yaitu: 1). Ahli desain berada pada kategori baik dengan persentase 85%, 2). Ahli media berada pada kategori sangat baik dengan persentase 90%, 3). Ahli isi materi berada pada kategori sangat baik dengan persentase 95%, dan hasil dari subjek uji coba perorangan berada pada kategori sangat baik dengan persentase 90,66%, uji coba kelompok kecil berada pada kategori sangat baik dengan persentase 90,9%, setelah dilakukannya validasi oleh beberapa ahli dan sudah di uji coba dengan siswa- siswi kelas V maka produk media video pembelajaran dinyatakan layak untuk digunakan. Kata-Kata Kunci: video pembelajaran, agama hindu, ADDIE
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran1.agama hindu2. ADDIE3 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Diah Kusuma Yanti |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 01:17 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 01:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14384 |
Actions (login required)
View Item |