Saredie, Dwi Vini Sita (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Peta Pikiran (Mind-Map) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi MIPA SMAN 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813041045-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813041045-ABSTRAK.pdf Download (715kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (867kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1813041045-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041045-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (799kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041045-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (835kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813041045-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan mind map terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis. Dengan diukur menggunakan tes soal essay pada kelas XI MIPA di SMAN 4 Singaraja, pada saat sebelum penerapan akan diberikan (pretest) dan sesudah penerapan diberikan (posttest). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi experimental. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent pretest posttest control group design. Adapun variabel bebas berupa model pembelajaran problem solving berbantuan mind map, variabel terikat berupa berpikir kritis siswa yang didata dengan 8 soal essay. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran problem solving berbantuan mind map dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvesional. Hasil penelitian meliputi hasil tes keterampilan berpikir kritis. Hasil uji uji t independent sample menunjukan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukan dengan nilai p sebesar 0,02 (p<0,05). Berdasarkan hasil analisis yang menunjukan adanya perbedaan rerata kemampuan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem solving berbantuan mind mapping dengan model pembelajaran konvesional dalam pembelajaran biologi kelas XI MIPA SMA N 4 Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving, Miind Map,Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Dwi Vini Sita Saredie |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 06:52 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 06:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14397 |
Actions (login required)
View Item |